Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

10 Agustus, 2008

Komunitas Salihara Besok Diresmikan

Kamis, 07 Agustus 2008
TEMPO Interaktif, JAKARTA: -- Komunitas Salihara besok diresmikan. Acara dimulai pukul 08.00 di komunitas itu di Jalan Salihara 16, Pejaten Barat, Jakarta Selatan. Acara syukuran akan dibuka dengan simbolisasi penanaman pohon bodi dan potong tumpeng. Selanjutnya akan diadakan tur keliling kawasan komunitas.

Komunitas Salihara merupakan komunitas baru di bawah payung manajemen Komunitas Utan Kayu. Komunitas ini menyediakan sarana-prasarana untuk berkesenian. Di sana ada teater black box, galeri seni rupa, kedai Salihara, tempat diskusi, serta toko buku, cendera mata, dan barang-barang seni.

Komunitas ini juga memberi tempat untuk berbagai kelompok intelektual. "Bisa buat tempat diskusi para anggota himpunan, seperti himpunan arsitek, filsafat, sejarah, dan film," ujar Meiti Bahrul dari Komunitas Salihara.

Komunitas ini adalah perluasan dari Komunitas Utan Kayu, yang beralamat di Jalan Utan Kayu Nomor 68-H, Jakarta Timur. Dalam situs resmi Komunitas Utan Kayu (www.utankayu.org) disebutkan sarana bangunan di Utan Kayu sudah tidak memadai lagi.

Ruang teater dan galeri yang sempit di Utan Kayu menjadi kendala bagi penonton dan seniman yang menampilkan karyanya di sana. Untuk perluasan aktivitas itu, para pendiri dan pengelola Komunitas Utan Kayu membangun kompleks Komunitas Salihara.

Komunitas Salihara akan dibuka untuk publik pada 17 Oktober 2008. Menurut Meiti, acara pertama yang bakal digelar di sana adalah pameran seni rupa yang berkaitan dengan peringatan Hari Kemerdekaan.
AGUSLIA HIDAYAH
(Sumber TEMPO Interaktif)

Tidak ada komentar: