Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

01 Agustus, 2008

JakArt 2008 Festival Tampilkan yang Spesial

JAKARTA, KOMPAS - Mulai Jumat (1/8), panitia penyelenggara JakArt@2008 Festival akan menyuguhkan kesenian dan budaya spesial. Di halaman depan Planetarium di kompleks Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, mulai pukul 19.00 WIB, kesenian dari Nanggroe Aceh Darussalam dan Papua akan tampil. Lalu, mulai pukul 21.15 WIB di halaman Teater Kecil, tampil Musik Kelelawar. Juga ada pemutaran film 24 jam di Rumah Darmint, Tebet Utara.

”JakArt@2008 Festival selama sebulan penuh, hingga 31 Agustus mendatang, menampilkan puluhan pertunjukan seni budaya di berbagai tempat pertunjukan di Jakarta dan di lokasi yang tidak biasa digunakan, seperti sekolah dan universitas, pusat-pusat jajan, kafe, dan banyak tempat lainnya yang menyebar dan melibatkan masyarakat sebanyak mungkin,” kata Pembina JakArt@2008 Festival, Ary Sutedja, Kamis (31/7) di Jakarta.

Selama sebulan penuh, masyarakat bisa menyaksikan berbagai pertunjukan, pameran, pertunjukan perdana, kolaborasi antardisiplin, baik yang imajiner nyata, nyata, maupun nyata imajiner, dan mencakup Rapat Umum Tahunan Asosiasi Festival Seni Pertunjukan Se-Asia.

Pada JakArt@2008 Festival juga ada pertunjukan yang mungkin unik dan menarik dicermati, seperti Pertunjukan Perdana Shoestring Orchestra, sebuah orkestra yang hanya terdiri dari sepatu dan tali sepatu, seorang dirigen, seorang pemain biola, serta seorang pemain selo.

Sedikitnya 50 genres ekspresi artistik, tradisional, dan kontemporer akan dipertunjukan, dengan melibatkan lebih dari 500 seniman Indonesia dan luar negeri.

Ary Sutedja menjelaskan, program JakArt@ terbagi dalam tiga kategori utama, yaitu imaginary festival (festival imajiner); festival konseptual di mana berbagai pertunjukan yang imajiner berlangsung.

Kategori kedua, program ciri khas JakArt@ di mana peristiwa yang nyata akan berlangsung di seluruh Jakarta. Ketiga, perpaduan antara yang konseptual dan nyata. (NAL)
(sumber KOMPAS)

Tidak ada komentar: